Selasa, 11 Mei 2010

Siapakah Menteri Keuangan Yang Baru?

STRATEGISNYA posisi Menteri Keungan (Menkeu) membuat posisi ini harus diisi orang kuat. Sosok pengganti Sri Mulyani juga diharapkan tidak mudah diintervensi kepentingan asing, politik, dan pasar.

Sri Mulyani Indrawati dikenal sebagai sosok menteri yang tahu betul keinginan pasar. Karena itu, ketika dia menyatakan mundur dari jabatan Menteri Keuangan (Menkeu), pasar langsung merespons negatif. Hal ini terlihat dari indeks harga saham gabungan (IHSG) yang turun signifikan setelah Sri Mulyani menyatakan mundur. Salah satu kelebihan Sri Mulyani karena dia dinilai berhasil dalam mengelola perekonomian Indonesia di saat krisis beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan para pelaku sektor riil yang seakan tanpa reaksi atas berbagai hal yang terjadi, termasuk mundurnya Sri Mulyani. Saat ini ekonomi makro yang salah satunya ditunjukkan dalam reaksi bursa saham selalu menjadi perhatian serius. Sehingga, tidak heran ketika sektor ini mengalami gejolak langsung mendapatkan reaksi dengan cepat. Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance Indonesia (Indef) Ahmad Erani Yustika mengatakan, pelaku sektor pasar keuangan merupakan pihak yang selalu bereaksi cepat tentang berbagai hal yang terjadi.

baca selengkapnya...

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini