Rabu, 31 Maret 2010

Kronologis Gayus, Beda Cerita Polri-Satgas


VIVAnews
By Elin Yunita Kristanti, Eko Huda S - Rabu, 31 Maret

VIVAnews - Ada sedikit perbedaan kronologis penyerahan diri Gayus Tambunan. Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum menyebut pertemuan dengan Gayus terjadi secara kebetulan di Singapura. Pernyataan itu sedikit berbeda dengan polisi.

"Yang kita kakukan adalah berkoordinasi dengan polisi Singapura untuk mengetahui keberadaanya," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Edward Aritonang di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 31 Maret 2010.

Markas Besar Polri menegaskan, dengan buronan Gayus Halomoan Tambunan dilakukan setelah berkordinasi dengan Kepolisian Singapura.

Penjelasan itu berbeda dengan penjelasan anggota Satgas Pemberantas Mafia Hukum, Denny Indrayana yang juga ikut menjemput Gayus di Singapura.

Menurut Edward, koordinasi itu dilakukan karena Gayus berada di Singapura. Dimana polri tidak memiliki perjanjian ekstradisi Kepolisian Singapura.

Setelah berkordinasi dengan polisi Singapura, Polri pun segera melakukan upaya untuk bertemu dengan Gayus. "Kemudian melakukan upaya untuk bisa bertemu, melakukan pendekatan himbauan kepada beliau agar bersedia untuk kembali," kata dia.

Sementara itu, Denny Indrayana memberikan keterangan berbeda terkait pertemuan dengan Gayus Tambunan ini. Sebelumnya Denny mengatakan pertemuan dengan Gayus itu terjadi secara tidak sengaja.

Pertemuan dengan Gayus, kata Denny, terjadi di sebuah rumah makan ketika akan makan malam. Tim Satgas rencananya akan makan malam di Asian Food Mall, Lucky Plaza, Orchard Road.

"Secara kebetulan bertemu dengan Gayus Tambunan. Pria itu kebetulan juga sedang membeli makan malam. Tim Satgas langsung menghubungi Kabareskrim melalui telepon untuk memberitahukan keberadaan dan pertemuan dengan Gayus," kata Denny dalam surat elektronik yang dikirimnya.

Meski ada perbedaan, yang pasti Polri berhasil membujuk Gayus untuk kembali ke Indonesia. Gayus dan keluarganya menginap di Hotel Mandarin Orchard Road Singapura. Selain Gayus, polisi juga mengamankan istri Gayus, Milana Anggraeini dan tiga anaknya.

Tidak ada komentar:

Arsip Berita & Peraturan Perpajakan 2010

Cari Blog Ini