Kamis, 15 April 2010

Penjualan Sukuk Global Tumbuh 50 Persen di 2010


KUWAIT CITY--Penjualan sukuk global diproyeksikan tumbuh 50 persen menjadi total 30 miliar dolar AS tahun ini. Berdasar penelitian yang dilakukan oleh Kuwait Finance House (KFH), pertumbuhan penerbitan sukuk tersebut akan didorong oleh rendahnya suku bunga dan meningkatnya pengeluaran pemerintah di bidang infrastruktur.

Analis Senior KFH Research, Tursina Yacoob, mengatakan sebagian besar penerbitan akan berasal dari Asia seiring dengan pulihnya sektor swasta dan ekspansi ekonomi. ''Sukuk sebesar 20 miliar dolar AS yang telah diumumkan tahun lalu akan diterbitkan di tahun ini dan 10 miliar dolar AS lainnya berpotensi akan diterbitkan,'' paparnya, sebagaimana dikutip laman bloomberg, Rabu (14/4).

Penjualan sukuk tahun lalu mulai membaik dengan pencapaian 20,2 miiliar dolar AS dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 14,1 miliar dolar AS. Penjualan sukuk di 2008 menurun drastis dari penerbitan sukuk di 2007 yang mencapai 31 miliar dolar AS. Dalam penerbitan sukuk di kuartal pertama tahun ini, Indonesia dan Malaysia mendominasi porsi penerbitan sukuk dengan 87 persen.

Penjualan sukuk ritel Indonesia yang sebesar Rp 8 triliun menjadi penjualan sukuk terbesar tahun ini. Jumlah tersebut pun tiga kali lipat dari yang direncanakan pemerintah. Yacoob menambahkan Indonesia mengeluarkan dana 140 miliar dolar AS dalam waktu lima tahun ke depan untuk infrastruktur jalan, pelabuhan, dan bandara. Permintaan akan produk keuangan syariah terus tumbuh sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan umat muslim yang berjumlah 1,6 miliar jiwa. Hal tersebut terutama didorong pertumbuhan ekonomi di Asia.

Tidak ada komentar:

Arsip Berita & Peraturan Perpajakan 2010

Cari Blog Ini